Cara Mengatasi Android yang Lemot dan Sering Hang

In Tips

Seorang user android tentunya akan kesal dan merasa tidak nyaman ketika perangkat androidnya berjalan dengan sangat lambat, lemot, sering mengalami hang, baik itu saat melakukan booting maupun ketika sedang dipakai. User pasti akan merasa kebingungan bagaimana cara mengatasi android yang lemot dan sering hang tersebut. Disini kami memiliki beberapa tips yang cukup praktis untuk memperbaiki android yang lemot agar bekerja lebih maksimal.

Cara Mengatasi Android yang Lemot dan Sering Hang

Cara Memperbaiki Android Yang Lemot Dan Sering Hang

Hapus Cache di Memori Internal

Cache adalah media penyimpanan memori sementara di perangkat android. Namun jika dibiarkan semakin lama, maka cache ini akan semakin bertambah banyak dan bisa menghabiskan kapasitas memori internal di android. Untuk mengantisipasi hal tersebut, cobalah install aplikasi pembersih cache yang bisa di download secara gratis di Google Play, atau Anda juga bisa baca: Koleksi Aplikasi Pembersih Cache Sistem Android.

Jangan Sembarangan Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan di Android

Aplikasi yang dijalankan dalam waktu yang bersamaan bisa membuat kinerja android menjadi kurang maksimal, karena akan menurunkan performa kecepatan RAM. Segera tutup aplikasi yang Anda rasa kurang begitu dibutuhkan. Sehingga akan ada ruang untuk aplikasi agar bisa berjalan lebih maksimal.

Hentikan Kebiasaan Memakai Live Wallpaper

Setiap user android pasti ingin agar tampilan androidnya terlihat lebih menarik jika menggunakan Live Wallpaper. Padahal, tanpa disadari hal tersebut justru akan membuat kinerja android semakin melambat. Gunakan saja wallpaper yang standar dan sederhana namun tidak kalah bagus dari Live Wallpaper. Anda bisa download wallpaper untuk mobile di situs-situs gambar di internet.

Install Aplikasi di Memori External

Jika Anda menginstall sebuah aplikasi, secara otomatis pasti akan langsung terinstall di memori internal. Namun jika terlalu banyak aplikasi, tentunya tidak bagus juga untuk kinerja android dan akan mempengaruhi kecepatan kinerjanya. Anda harus memindahkan aplikasi tersebut ke memori external yang sudah ditambahkan. Namun tentu saja Anda harus me-Rooting terlebih dahulu Android Anda jika ingin menyimpan atau memilih lokasi aplikasi yang akan diinstall. Cek Tutorial Cara Mudah Root Android.

Hentikan Kebiasaan Menggunakan Auto Brightness

Auto Brightness adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang diterima perangkat android secara otomatis, dengan ini android Anda akan menyesuaikan kondisi cahaya yang ada di lingkungan sekitarnya. Dampak lain penggunaan fitur ini yaitu baterai akan cepat habis terkuras.

Hapus Pesan atau SMS yang Sudah Menumpuk

Hapus semua SMS di inbox ataupun outbox. Karena meskipun kecil, namun jika terlalu banyak file pesan singkat tersebut akan menghabiskan kapasitas memori android Anda. Karena itu rutinlah untuk membersihkan sms yang sudah dibaca ataupun yang sudah terkirim secara berkala.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi android yang sering hang akibat terlalu panas dan terlalu banyak file sampah. Semoga tips di atas dapat membantu Anda agar android Anda berjalan lebih cepat dan maksimal.

Tags: #android #bootloop #cara #error #force close #hang #install ulang #lemot #memperbaiki #mengatasi #recovery #stuck #tidak bisa update #upgrade

Trik Cara Menghemat Baterai Android Agar Awet dan Tahan Lama
Trik Cara Menghemat Baterai Android Agar Awet dan Tahan Lama
Trik Cara Menghemat Baterai Android Agar Awet
Cara Install Update SuperSU di Android
Cara Install Update SuperSU di Android
Cara Install Update SuperSU di Android –

Leave a reply "Cara Mengatasi Android yang Lemot dan Sering Hang"


Top