Pengertian Root dan Fungsi Root di Android

In Root

Apa itu Root Android?
Mungkin sebagian besar dari Anda ada yang masih bingung atau belum tahu tentang arti root android ini. Meskipun banyak sekali user/pengguna smartphone android hampir di seluruh dunia ini, belum tentu mereka tahu tentang istilah rooting android ini. Karena istilah ini hanya biasa diketahui oleh mereka (user android) yang suka otak-atik (ngoprek) android iniĀ  hampir ke semua sistem di dalamnya.

Pengertian Root dan Fungsi Root di Android
Pengertian Root Android Secara Dasar:
Root jika didefinisakan secara dasar artinya ‘akar’.

Rooting artinya suatu metode untuk mengubah beberapa sistem dalam suatu program dengan cara menembus dan menjelajah lebih dalam ke ruang penyimpanan data agar bisa di akses dan dimodifikasi secara tak terbatas.

Root Android adalah suatu metode untuk mengubah sistem operasi di dalam perangkat android, dengan cara menembus dan menjelajah ke dalam sistem yang lebih dalam agar bisa mengakses ruang penyimpanan yang sebelumnya tak tersentuh.

Apa Tujuan Root Android?
Tujuan rooting android adalah untuk menambah, menghapus, atau mengubah sistem operasi default atau bawaan pabrik di dalam android. Jika digambarkan secara visual, seolah olah user membebaskan si Robot Hijau (Logo Android) dari penjara. Istilah lain dari root android ini adalah ‘men-jailbreak’.

Apa Kelebihan Android yang sudah di Root?

  1. Bisa menginstall aplikasi atau game apa saja yang sebelumnya tidak bisa di-install sebelum android di root atau masih menggunakan setelan default/pabrik.
  2. Bisa menghapus dan mengedit aplikasi default/bawaan pabrik yang dirasa kurang penting supaya media penyimpanan/memori di dalam android tersebut lebih leluasa.
  3. Bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke external. Juga bisa menginstall langsung aplikasi baru di memori external.
  4. Bisa merubah tampilan dengan cara instalasi custom ROM, artinya mengubah tampilan konfigurasi software bawaan pabrik menggunakan tampilan yang sesuai dengan keinginan user.
  5. Bisa mem-backup setelan default/bawaan pabrik, fungsinya tentu saja jika sewaktu waktu user ingin mengembalikan sistem ke setelan awal, atau me-reset aplikasi sistem ke default, maka user tidak perlu mencari dan mendownloadnya lagi.
  6. Bisa melakukan Overlock Procesor utk mempercepat kinerja perangkat android, artinya mampu menjalankan komponen processor android dengan kecepatan yang lebih tinggi dari spesifikasinya.

Apa Kekurangan Android Yang Sudah di Root?

  1. Garansi Android hilang. Para penyedia layanan jual beli/ konter tidak menjamin lagi kondisi android kita masih tetap dalam keadaan utuh. Karena mereka takut android yang kita garansikan sudah di acak-acak sistemnya.

    Namun sebagai catatan, jika Anda me rooting android tanpa mengubah sistem di dalamnya, maka perangkat android masih bisa dikembalikan ke setelan awal dengan cara di unroot. Metode root yang bisa di unroot ke setelan awal ini biasanya menggunakan aplikasi-aplikasi root yang hanya memanfaatkan akses root nya saja agar bisa mengakses aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diinstall. Beda lagi jika Anda mengubah rom default yang di dalamnya dengan custom rom yang sudah di modifikasi.

  2. Sangat rentan terhadap virus atau malware. Karen itu user wajib waspada jika menginstal beberapa aplikasi di perangkat androidnya. Pasang antivirus yg ampuh seperti : avast, AVG, dan antivirus lainnya yang terdapat di Google Play.

Mungkin itu saja pemahaman tentang Pengertian Root Android. Semoga Anda jadi lebih tahu keuntungan dan kerugian Android yang sudah di root.

Tags: #adalah #akibat #android #arti #cara #dampak #efek #kekurangan #kelebihan #komputer #menggunakan #pengertian #root #rooting #tanpa pc #tujuan

No related post!

Leave a reply "Pengertian Root dan Fungsi Root di Android"


Top